Minggu, 15 November 2009

Kelelawar ‘Codot’ Goreng: Obat Asma Mujarab


Kelelawar atau pada masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya biasa disebut codot, bagi sejumlah orang mungkin merupakan binatang yang sangar dan menjijikkan. Tapi tidak demikian bagi Pak Tukinem, warga Kelurahan Dermo, Kecamatan Mojoroto, yang mampu menyulapnya menjadi makanan lezat dan berkhasiat. Binatang malam tersebut oleh Pak Men, sapaan akrab pak Tukinem, diubahnya menjadi masakan atau lauk dalam bentuk goring, yang oleh sebagian besar konsumennya dianggap berkhasiat menyembuhkan sakit asma.

Lantas, bagaimana menjadikan codot makanan lezat dan berkhasiat?

Usai dipastikan mati, setelah sebelumnya ditangkap dalam sebuah perburuan, codot dipotong pada bagian sayapnya. Untuk menghilangkan bulu-bulu lembutnya, codot dibakar pada tungku api berbahan dasar arang, dan setelah itu, proses pematangan dilakukan dengan merebusnya pada sebuah kuali (panci berbahan dasar tanah liat). Setelah dipastikan matang, sebelum akhirnya digoreng, daging codot dibumbui dengan racikan rempah-rempah. Disinilah kunci yang menjadikannya lezat, karena dengan resep yang dibuat Pak Men, codot goreng memiliki paduan rasa gurih dan renyah.

Dibalik kelezatan rasanya, benarkan codot goreng berkhasiat?

Keterangan yang didapatkan tumbasjajan menyebutkan, sebagian konsumen memilih codot goreng sebagai jajanan bukan saja karena rasanya, melainkan juga karena khasiatnya. Bahkan dari sebagian konsumen yang dimiliki Pak Men, tak jarang berasal dari luar Kota Kediri, yang menyempatkan datang dengan alasan mendapatkan obat.

Bukti lain jika codot goreng memang berkhasiat adalah adanya sebuah penelitian yang dilakukan dr.Basuki, seorang paramedis di sebuah rumah sakit swasta terbesar di Kota Kediri. Berawal dari penasaran atas cerita sejumlah pasiennya, penelitian yang dilakukannya menemukan kebenarannya. Selain pada dagingnya, liur codot, yang meskipun sudah digoreng tetap tersisa, merupakan kunci yang menjadikannya berkhasiat menyembuhkan sakit asma.

Yang tak kalah unik dari cerita masakan codot goreng, konsumennya ternyata sudah menembus pasar mancanegara. Dengan segala rasa dan khasiat yang dimilikinya, masakan tersebut diakui oleh produsennya sudah dipasarkan hingga ke Singapura dan Brunei Darussalam.

Demikian catatan mengenai codot goreng, dan harapan kami, selalu ingin bisa menjadikannya referensi dan tambahan wawasan bagi anda. Tak lupa, jika memang anda tertarik untuk ikut menikmatinya, tumbasjajan siap menjadi perentaranya. Untuk pemesanan, hubungi kami di (0354) 912 4465 atau kirim email ke tumbasjajan@gmail.com.

0 komentar:

Posting Komentar